# Penerapan Zona Integritas KUA Kecamatan Karanglewas, Biaya Nikah di KUA GRATIS dan nikah di Luar KUA membayar Rp 600 ribu, disetorkan langsung ke Bank #

teks berjalan

Selamat Datang di web blog KUA Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas Propinsi Jawa Tengah, dengan aplikasi SIMKAH kami terus mengembangkan mutu layanan menuju KUA berbasis IT # Biaya nikah di KUA GRATIS dan nikah di Luar KUA membayar Rp 600 rb, disetorkan ke Kas Negara melalui Bank, Pos dan tempat pembayaran lainnya # Kami turut menyampaikan dukacita yang sedalam-dalamnya atas musibah Mina yang menimpa sebagian jama'ah haji khususnya jama'ah haji Indonesia #

Selasa, 13 Oktober 2015

Kemarau Panjang, Shalat Istisqo di Halaman Kecamatan Karanglewas

Karanglewas, Banyumas-- Kekeringan yang melanda warga masyarakat dengan adanya musim kemarau yang panjang atau belum juga turunnya hujan, mengakibatkan sebagian warga mengalami kekurangan air untuk keperluan sehari-hari, sehingga tak jarang mereka harus rela mengorbankan tenaga dan waktunya untuk mencari sumber air yang jauh dari tempat tinggalnya. Demikian juga suhu panas yang terus meningkat dapat dengan mudah mengakibatkan kebakaran. Untuk itu warga sangat segera menginginkan guyuran air hujan  untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Hal tersebut direspon positif oleh pemerintah kabupaten Banyumas, melalui seruan Bupati Banyumas dan seruan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas agar umat Islam di seluruh wilayah Banyumas melaksanakan shalat Istisqo untuk memohon agar Allah SWT segera menurunkan hujan. 
Di tingkat Kabupaten Banyumas, shalat Istisqo dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2015 pukul 13.00 WIB yang dipusatkan di Alun-alun Purwokerto. Demikian juga, di hari yang sama pukul 09.00 WIB pelaksanaan shalat Istisqo di tingkat Kecamatan Karanglewas diselenggarakan di halaman Kantor Kecamatan Karanglewas yang diikuti oleh Muspika, pegawai pada dinas/instansi di Kecamatan Karanglewas, KUA Kecamatan Karanglewas, para Kepala Desa dan jajarannya, Tokoh Agama, Ta'mir masjid dan warga masyarakat sekitar Kantor Kecamatan Karanglewas, dan bertindak sebagai Imam sekaligus Khatib pada kegiatan shalat Istisqo tersebut yaitu KH. Abdul Qodir (Ketua IPHI Kecamatan Karanglewas).
Dalam khutbahnya, KH. Abdul Qodir mengajak agar kaum muslimin yang hadir untuk merenungi kesalahan-kesalahan dan dosa-dosa kepada Allah SWT sehingga musibah yang menimpa suatu penduduk diakibatkan karena ulah manusia itu sendiri. Oleh karenanya kita harus muhasabah dan bertaubat atas perilaku durhaka kepada Allah. Dengan membacakan ayat "telah tampak kerusakan di bumi dan di lautan semua itu akibat perilaku manusia, agar merasakan sebagian akibat ulah mereka agar mereka segera kembali kepada-Nya", KH. Abdul Qodir menekankan pentingnya beristighfar memohon ampun kepada Allah, agar Allah segera menurunkan air hujan yang memberi rahmat. Semoga Allah segera memberikan belas kasihan kepada kita sebagai manusia yang lemah dan penuh kekurangan. (umar)

0 komentar:

Posting Komentar